SILABUS PEMBELAJARAN RELASI DAN FUNGSI

Silabus PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                     : ……………………………

Kelas                         : VIII (Delapan)

Mata Pelajaran      : Matematika

Semester                   : I (satu)

ALJABAR

Standar Kompetensi :3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan  fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat.

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian   Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Contoh Instrumen

3.1Mendeskripsikan perbedaan konsep relasi dan fungsi

Relasi dan Fungsi

Mendiskusikan tentang pengertian relasi dan fungsi

  • Membedakan konsep antara relasi dan fungsi

Tes tertulis

Uraian

Berapakah:

 (2x + 3) + (-5x – 4)

 

2x45mnt

Buku paket Erlangga

Mendiskusikan tentang sifat-sifat fungsi dan macam-macamnya

 

 

 

 

Mendiskusikan tentang permasalahan fungsi linear

  • Menguraikan macam-macam fungsi
  • Membedakan fungsi berdasarkan sifatnya

 

  • Menyelesaikan permasalahan tentang relasi dan fungsi

 

Tes tertulis

Uraian

Berapakah

(-x + 6)(6x – 2)

 

1.2 Mengurai- kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya

 

 

Bentuk aljabar

Mendata faktor suku aljabar berupa konstanta atau variabel

 

 

  • Menentukan faktor suku aljabar

Tes lisan

Daftar pertanyaan

Sebutkan variabel pada bentuk  berikut:

  1. 4x + 3
  2. 2p – 5
  3. (5a – 6)(4a+1)

2x40mnt

Buku teks

Menentukan faktor-faktor bentuk aljabar dengan cara menguraikan bentuk aljabar tersebut.

  • Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya

Tes tertulis

Uraian

Faktorkanlah 6a – 3b + 12

2x40mnt

1.3 Memahami relasi dan fungsi

 

 

 

Relasi dan fungsi

Menyebutkan  hubungan yang merupakan suatu fungsi melalui masalah sehari-hari, misal hubungan antara nama kota dengan negara/propinsi, nama siswa dengan ukuran sepatu.

  • Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi

Tes lisan

Daftar pertanyaan

Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi!

2x40mnt

Buku teks

Lingkungan

 

 

Menuliskan suatu fungsi menggunakan notasi 

  • Menyatakan suatu fungsi dengan notasi

Tes tertulis

Uraian

Harga gula 1 kg Rp 5600,00. Harga a kg gula  5600 a rupiah.Nyatakan dalam bentuk fungsi a !

1x40mnt

1.4 Menentu-kan nilai fungsi

 

 

Fungsi

Mencermati cara menghitung nilai fungsi dan menentukan nilainya.

  • Menghitung nilai fungsi

Tes tertulis

Isian singkat

Jika f(x) = 4x -2 maka nilai f(3)=

2x40mnt

Menyusun suatu fungsi jika nilai fungsi dan data fungsi diketahui

  • Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui

Tes tertulis

Uraian

Jika f(x) = px + q, f(1) = 3 dan

f(2) = 4,  tentukan f(x).

2x40mnt

1.5 Membuat sketsa gra-fik fungsi aljabar se-derhana pada sis-tem koor-dinat Car-tesius

 

 

Fungsi

Membuat  tabel pasangan antara nilai peubah dengan nilai fungsi

 

  • Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi

 

Tes tertulis

 

Isian singkat

 

Diketahui f(x) = 2x + 3.

Lengkapilah tabel berikut:

X

0

1

2

3

f(x)

 

 

 

 

 

2x40mnt

 

Menggambar grafik fungsi aljabar dengan cara menentukan koordinat titik-titik pada sistem koordinat Cartesius.

  • Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius

Tes tertulis

 

Uraian

 

Dengan menggunakan tabel gambarlah grafik fungsi yang dinyatakan f(x) = 3x -2.

2x40mnt

 

1.6 Menentu- kan gradi-en, persa-maan dan grafik garis lurus.

Garis Lurus

Menemukan pengertian dan nilai gradien suatu garis dengan cara menggambar beberapa garis lurus pada kertas berpetak.

  • Menjelaskan pengertian dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk

Tes tertulis

Uraian

Disajikan gambar beberapa garis pada kertas berpetak. Tentukan gradien garis-garis tersebut!

2x40mnt

Menemukan cara menentukan persamaan garis yang melalui dua titik dan melalui satu titik dengan gradien tertentu

  • Menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik dan melalui satu titik dengan gradien tertentu

Tes tertulis

Uraian

Persamaan garis yang melalui titik (2,3) dan mempunyai gradien 2 adalah . .

2x40mnt

Menggambar garis lurus jika

-  melalui dua titik

-  melalui satu titik dengan gradien tertentu

-  persamaan garisnya diketahui.

  • Menggambar grafik garis lurus

Tes tertulis

Uraian

Gambarlah garis lurus dengan persamaan y = 2x – 4

4x40mnt

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s